Kamis, 15 Juni 2017

Ini Tips Agar Kamu Mudah Mengingat

Hasil gambar untuk remembering
ISP Jakarta - Tentu masih teringat di pikiranmu, saat disuruh menhafal pelajaran sejarah, matematika, dan rumus-rumus lainnya. Menghafal untuk belajar, apakah kamu setuju akan hal itu guys? Nah, meskipun tak selamanya pandai menghafal juga menguasai banyak hal, namun rupanya sangat kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu mudah lupa saat sedang menghafal? Nah, mungkin kamu bisa mencoba tips berikut ini agar menghafalmu dapat lancar, guys. So, let’s check it out!

For the first ..
Kamu lebih baik bila harus mengetahui kemampuan yang kamu miliki terlebih dahulu, guys. Apakah kamu baik dalam mendengar, melihat, atau lebih mudah belajar dari pengalaman? Nah, bila sudah mengetahuinya, lanjutkan dengan eksperimen dari tips di bawah ini ya!

1. The perfect time
Hasil gambar untuk remembering
Ketahui waktu yang tepat, nyaman, dan paling baik menurutmu saat menghafal, guys. Biasanya waktu malam hari sebelum akan tidur dan waktu pagi saat kamu baru saja bangun tidur, adalah waktu yang paling baik untuk menghafal. Oh ya, hafalanmu akan makin lancar kalau kamu fresh, jadi, mandi-lah sebelum kamu mulai menghafal guys.

2. Everything is ready
Persiapkan segalanya dengan baik, yaitu mengenai tempat. Pilihlah daerah yang benar-benar aman dari gangguan sehingga mereka lebih bisa berkonsentrasi. Tempat yang kondusif dapat menjadi faktor menghafalmu jadi nyaman dan gak mudah lupa, guys.

3. Vitamin consumption?
Perlukah kamu mengonsumsi vitamin? Sangat banyak jenis vitamin akhir-akhir ini, namun pastikan jenis itu cocok untukmu guys. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi teh hijau, lho. Karena teh hijau  teh hijau adalah salah satu minuman yang mengandung senyawa tertentu yang akan menjaga sel-sel otak agar bisa bekerja dengan baik dan dalam jangka waktu yang lama.

4. Write then say it
Hasil gambar untuk remembering
Catatlah apa saja yang akan kamu hafal, setelah kamu mulai terbiasa dengan apa yang kamu hafalkan, bacalah secara berulang-ulang. Teknik ini juga banyak diterapkan oleh mereka yang lebih mudah mengingat pada saat mereka melihat gambar.

5. Note it!
Kalau menurutmu kamu sudah hafal, cobalah tuliskan apa yang kamu hafalkan tersebut pada secarik kertas. Atau kamu juga bisa memanfaatkan rekaman, bila kamu agak malas untuk menulisnya. Kemudian, samakan dengan teks hafalan yang asli.

6. Rekaman juga bisa?
Bagi kamu yang memiiki kelebihan pada pendengaran, kamu bsia memanfaatkan teknik ini guys. Kamu bisa merekam semua yang akan kamu hafal kemudian dengarkan rekaman tersebut sesering mungkin.

7. Teach it to other
Ingin menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa? Ajarkanlah apa yang sudah kamu hafal kepada seseorang atau langsung mempraktekkannya kepada dirimu sendiri misalnya dengan berbicara sendiri di depan kaca, misalnya.