Rabu, 29 November 2017

Cara Pemasangan Antena Grid Untuk Penangkap WIFI

internet provider jakarta - Beberapa bulan lalu saya menyempatkan diri ke harco mangga 2 untuk membeli antena wifi. Sebelumnya sudah memakai antena jenis yagi lokal untuk nembak wifi yang banyak. Lumayan, bisa menikmati akses internet gratis meski hanya dapat sinyal tidak lebih dari 10dBm. Misi ke harco kali ini untuk membeli antena dengan gain yang lebih bagus. Akhirnya saya membeli grid TDJ-2400A yang memiliki gain 24dB.

·         Pemantul
 
·         Feed Horn
 
·         Mounting bracket
 
·         Kabel pigtal

1.       Pastikan antena telah dirakit
Hasil gambar untuk cara memasang antena grid wifi
Pemasangan feed horn harus benar tegak lurus terhadap sisi pemantul. Pemasangan konektor pada pigtail harus benar benar rapat, dan apabila diperlukan silahkan bungkus konektor dengan pita isolasi untuk mencegah masuknya air hujan

2.       Pastikan posisi pada pemasangan antena
Sebelun anda memasang antena grid pada pipa, pastikan dahulu apakah antena akan di pasang dalam posisi vertikal atau horizontal. Hal ini penting, sebab antena harus menyesuaikan dengan posisi antena pemancar wifi yang akan di tembak. Sebagai contoh, pemancar sinyal wifi memakai antena jenis omni slotted yang memiliki posisi pemancar horizontal. Nah, kalu kita ingin menerima sinyal wifi tersebut maka antena grid yang anda miliki harus dipasang dalam posisi horizontal juga, seperti pada gambar dibawah.
 
3.       Pastikan antena sudah mengadap arah yang sesuai
Jika anda sudah mengetahu lokasi pemancar wifi yang akan di tembak, maka hadapkan antena pada arah tersebut. Periksa kembali terhadap arah ini bisa dilakukan pada saat melakukan survey sinyal pada akses point.

4.       Installasi pipa harus tegak lurus

Saya menggunakan pipa berukuran 1 dim dan 1.20 dim untuk menyangga antena. Ketinggian sekitar 15 meter. Pada awal installasi saya sempat kecewa karena hasil tangkapan sinyal wifi hanya berkisar 1 hingga 2dBm, jauh lebih kecil bila dibandingkan ketika memakai antena yagi yang mencapai hingga 12dBm. Dimana kesalahannya?
 Saya periksa lagi ternyata kesalahan pada posisi pemasangan pipa penyangga sedikit miring. Langsung saya benarkan posisi pipa supaya tegak lurus terhadap tanah. Dan hasilnya, langsung dapat sinya di atas 15 dBm.
  

Rabu, 19 Juli 2017

Tips Laptop Selamat Sampai Tujuan di Dalam Tas Saat Traveling

Hasil gambar untuk travelling with laptop
Cloud Computing Indonesia - Saat kamu melakukan traveling atau pergi bersenang-senang, mungkin kamu akan membawa si laptop. Nah, laptop ini memang alat elektronik canggih yang praktis dan cukup mudah di bawa ke mana pun akan pergi ya, guys. Saat membawanya pun tentunya harus dijaga dengan baik ya, karena dengan ukurannya yang tipis dapat membuatnya mudah rusak bila terkena benda keras, penempatan yang kurang benar, dll. Yuk jaga agar si laptop tetap aman sepanjang perjalanan di dalam tas, dengan mengikuti lima tips berikut yuk, guys. Lets check it out!

1. The best position
Pastikan kamu telah menempatkan laptop dengan posisi yang tepat, guys. Mengapa? Karena hal ini untuk menjaga si laptop agar tetap aman dan mulus saat tiba di tujuan perjalanan. Caranya dengan menempatkan laptop dengan bagian bawah yang menghadap ke bagian luar tas-mu. Dikarenakan bagian bawah notebook ini lebih mampu menahan tekanan dari bagian LCD-nya, guys.

2. Avoid max weight
Saat membawa si laptop, hindarilah membawa beban berlebih. Tekanan berat yang dibawa dapat membuat kerusakan terhadap laptopmu yang ringkih itu lho, guys. Bawalah barang-barang seperlunya, terutama bila ditempatkan pada tas yang sama dengan laptop.

3. The size of bag
Gambar terkait
Pilihlah ukuran tas yang pas dan sesuai dengan ukuran laptopmu, guys. Jangan menggunakan tas yang ukurannya terlalu kecil, ataupun ak sebanding dengan ukuran si laptop, karena akan membuat laptop tidak benar-benar terlindungi. Jangan lupa pilih juga tas yang memiliki kualitas yang baik dan dapat mendukung berat laptopmu.

4. Different places to put
Kamu pernah membawa laptop dengan komponen lain, seperti charger dan mouse? Sebaiknya hal itu dihindari, guys. Cobalah untuk membawa perangkat dalam keadaan ruang yang terpisah, untuk menghindari gesekan pada permukaan laptop.

5. Use the spons?
Jika masih merasa kurang aman dan nyaman membawa laptop hanya menggunakan tas, kamu dapat memberikan spons atau bantalan khusus di ruang laptop. Hal ini berguna untuk mencegah goresan atau beban berat dari barang-barang lainnya yang ada di tas-mu, guys.

6. At sleep or turn of mode
Jangan melakukan sesuatu dengan terburu-buru, guys.. Karena itu bukanlah hal yang baik. Ya, terutama saat akan menyimpan si laptop. Laptop bukanlah barang yang murah, selain itu di dalamnya pun tersimpan memori yang mungkin penting bagimu. Jadi, pastikanlah saat akan menyimpan laptop, harus dalam keadaan mati atau hibernate, yaa. Menutup laptop tidak dalam kondisi yang seharusnya tentu dapat meruysak fisik maupun isi di dalam laptopmu lho, guys. So, don't do that!

Thats all, semoga bermanfaat!

Selasa, 18 Juli 2017

Fitur Google Now Yang Ini, Pasti Kalian Gak Tau

Hasil gambar untuk google now fitur
ISP Jakarta - Kamu pasti mengetahui tentang "Google". Nah, beberapa tahun yang lalu Google telah meluncurkan Google Now beberapa tahun yang lalu untuk para pengguna Android dan iOS. Everything will be easier, guys! Google Now ini mempunyai fitur yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian melalui perintah suara. Namun, masih banyak juga lho, orang yang tidak mengetahui fitur-fitur canggihnya, guys. Apakah kamu termasuk orang-orang itu? Common, jangan sampai kudet guys.. Ini nih beberapa fitur yang tak banyak diketahui orang saat menggunakan si Google Now. Check it out!
Hasil gambar untuk google now fitur
Quick translator
menerjemahkan kata-kata, gak harus pakai google translate atau pakai kamus, guys. Kamu dapat secara langsung men-translate kata, tanpa perlu membuka aplikasi google translate, lho. Gimana caranya? It's easy!
-> Tandai kata yang ingin diterjemahkan.
-> Setelah itu, aktifkan Now on Tap di Google Now dengan menekan tombol Home selama beberapa detik dan jeng-jeng..hasil terjemahan pun akan langsung dimunculkan!

An easy screenshot 
Malas mendownload aplikasi screenshoot yang banyak iklan, dan tentunya memakan memorimu, guys? Tenang, karena dengan Google Now, kamu bisa mengambil screenshot dengan cara yang lebih mudah. How?
-> Pilih layar yang akan diambil, lalu aktifkan Now on Tap.
-> Setelah terbuka, pilih tombol Share yang muncul, dan secara otomatis layar tersebut akan diambil gambarnya.

Knowing picture
"Kayaknya pernah lihat foto orang ini, tapi siapa ya?" Jangan bingung-bingung begitu, guys.. Mendingan langsung memanfaatkan fitur Google Now untuk mengenali gambar yang ada pada smartphone. Kemampuan ini dapat dipakai pada gambar yang baru diambil atau yang sudah tersimpan di galeri. Wah, keren banget kan!

Alarm and reminder
Hasil gambar untuk google now fitur
Masih perlu mencari aplikasi dan mengetik alarm? Kamu bisa bikin lebih simpel bila menggunakan Google Now. mulai dari catatan, pengingat, alarm bisa diatur!
Contoh :
-> Hanya perlu mengatakan 'set alarm for 2 AM' atau 'wake me up in 6 hours', untuk  mengatur alarm.
-> remind me to call Andi at 7 pm', atau 'remind me to buy milk in supermarket', untuk membuat pengingat.

Tebak judul lewat suara lagu? Bisa!
Gambar terkait
Si Google Now ini memang canggih, guys. Saat kamu mendengarkan musik dan lupa siapa penyanyinya maupun apa judulnya, dia bisa membantumu. Kamu hanya perlu mengetik atau berbicara pada Google Now. Nah, perintah umumnya adalah 'what song is playing', lalu Google akan menampilkan judul dan penyanyinya. Keren deh!

Asisten handal
Hasil gambar untuk google now fitur
Mengapa disebut asisten handal? Ini karena si Google Now bisa disuruh-suruh, guys! :D
Kamu mau buka WhatsApp, tinggal bilang sama dia. Mau nelpon doi? Bilang aja, dia gak cemburu kok! >_<

Navigasi? It's easy
Saat ingin pergi ke Bandung misalnya, maka perintahkan 'take me to Bandung' atau 'navigate to Bandung', maka akan muncukl pilihan navigasi yang dapat kamu lakukan, guys.




Jumat, 14 Juli 2017

Hobi Chatting? Awas Terkena Smartphone Thumb!

Smartphone Thumb (cover)
Saat ini, smartphone semakin marak digunakan. Selama berjam-jam pun betah dilakukan untuk bersentuhan dengan si smartphone. Memang ya, kebiasaan menggunakan smartphone mampu membuat kecanduan terhadap penggunanya. Namun, tahu nggak sih.. Bahwa dengan menggunakan si smartphone secara berlebihan, mampu merusak kesehatan juga.:(

Boldsky.com baru-baru ini melakukan penelitian, dan menemukan sebuah penyakit terbaru akibat kebanyakan menggunakan smartphone yang bernama.. smartphone thumb!
Apa itu smartphone thumb? Merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan karena gerakan mengetik yang berulang-ulang. Nah, gerakan itu pula yang menyebabkan arthritis atau nyeri sendi jempol. Akhirnya, tendon jempol akan menekuk dan membuat jempol jadi meradang.

Selain itu, gerakan mengetik ini lama kelamaan akan membuat persendian menjadi kendur dan longgar. Parahnya, nantinya bisa terjadi pergerakan abnormal tulang dan menyebabkan munculnya rasa sakit, yang tidak menutup kemungkinan bisa membuat otot jempolmu jadi robek, guys.
SMARTPHONE THUMB, DAMPAK BURUK AKIBAT TERLALU SERING MENGGUNAKAN SMARTPHONE
Ya, tentu saja dengan meningkatnya penggunaan smartphone untuk aktivitas sehari-hari, resiko ini dapat mengancam para pecandu smartphone. So, bagaimana cara untuk menghindarinya? Kamu bisa melakukan hal seprti berikut ini, guys.. Diantaranya, yaitu :

- Biasakanlah gunakan fitur  “Gesture Typing” atau fitur “Voice Input”, untuk mengurangi aktivitas jari saat mengetik pada smartphone.

- Gunakan autocorrect, guys. Karena selain membuat tulisan menjadi lebih rapi, fitur ini juga dapat mengefesienkan waktumu dalam mengetik.

- Pegang smartphone dengan kuat di satu tangan, kemudian gunakan telunjuk tangan yang lain untuk mengetik.

- Batasi penggunaan smartphone, guys. Tanganmu juga perlu istirahat, lho. Ingat, batasi yaa.. Terutama saat bermain game atau saat bermain sosmed menggunakan paket internet unlimited termurah, yang bikin kamu ketagihan!! Gunakan smartphonemu dengan seperlunya, guys.:)

Semoga bermanfaat!


Rabu, 12 Juli 2017

Jangan Pusing Lagi Buat Spam yang Menganggu Nihh ada Cara nya.....


It Solution Indonesia - Di era teknologi yang sudah maju pasti mengirim sesuatu akan jauh lebih mudah , apa lagi untuk mengirim pesan akan jauh lebih mudah kalau mengirim nya menggunakan email . didalam email sering kali muncul yang nama nya spam , nahh di spam ini banyak sekali iklan-iklan yang menawarkan produk ke anda. padahal anda tidak memesan nya sama sekali tapi jika anda menghapus nya dengan sembarangan maka akan terkena virus yang membahayakan komputer anda.
Nah disini ada beberapa cara untuk mengantisipasi supaya akun yang ada dikomputer anda tidak terkena virus , simak nih...
1.       Mengidentifikasi spam
·         Periksa pengirim spam , spam pasti akan  muncul dari pengirim yang tidak dikenal dan sering kali terkirim dari alamat surel yang aneh.
·         Periksa tautan pada alamat surel , jika sebuah surel memiliki tautan dan anda tidak mengenal siapa pengirim nya kemungkinan besar itu merupakan spam.
·         Periksa ejaan surel , surel spam pasti memiliki ejaan yang aneh dan tata bahasa yang kurang dimengerti . sehingga menjadi tidak masuk akal
·         Baca pesan surel , pesan yang mengirimkan bahwa anda memenangkan sesuatu , produk dan barang elektronik padahal anda tidak pernah melakukan undian atau semacam nya , hal tersebut merupakan spam.
2.       Mencegah spam
·         Jangan sembarangan menyebar alamat surel anda sembarangan , terkadang orang-orang juga mengambil surel anda dengan cara menarik pengguna untuk mendaftar demi hal gartisan misal nya ponsel , nada dering , lagu , dan video.
·         Buatlah alamat surel yang tidak dapat dilacak , cobalah menulis dengan cara kreatif anda masing-masing. Cara untuk menampilkan surel anda dan disaat yang sama guna mencegah robot untuk membaca nya dengan mengunakan javascript untuk mengkonsturksi tampilan surel anda.
·         Jangan gunakan nama yang sama pada nama pengguna surel , setiap dari kita pasti akan mengunakan nama yang sama dengan alamat email nya untuk itu biasakan mengunakan nama yang lain dan tidak sama dengan alamat surel nya.
·         Gunakan surel palsu untuk mengidentifikasi dan mengusir sumber spam , gunakan satu surel pertama dan buatlah surel untuk keperluan lain nya guna mengantisipasi spam yang ada di surel anda.

Berikut merupakan cara mengantisipasi supaya surel/alamat email anda tidak terisi dengan spam yang dapat mengaanggu anda , terima kasih sudah membaca artikel . semoga bermanfaat ....

Jumat, 07 Juli 2017

Ini Cara Mengetahui "Fake Account" di Instagram

Hasil gambar untuk instagram
Internet Provider Jakarta - Di era teknologi seperti saat ini, pastinya kalian mengenal sosmed yang bernama Instagram kan, guys? Nah, saat ini instagram semakin bertambah penggunanya. Sebanyak 700 juta orang sekarang menggunakan Instagram setiap bulan dan 100 juta pengguna bergabung lebih cepat dibandingkan sebelumnya, lho. Pertumbuhan penggunaan Instagram ini cukup mengagumkan ya, guys. Nah, sebagai pengguna instagram.. Pasti menginginkan followers yang banyak. Benar atau betul, guys? :D Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang membeli followers dengan akun palsu. Wah, kok bisa ada akun palsu ya? Nah, itulah yang biasanya disebut sebagai "bot" atau "spambot", guys. Lalu, bagaimana ya cara mendeteksi si akun palsu di Instagram? Lets check this out!
Hasil gambar untuk fake account instagram

1. Have Not Much Photo
"Untuk apa meng-upload foto, toh kan hanya akun spambot" Nah, kira-kira itulah yang dapat digambarkan dari pikiran pemilik akun spambot tersebut, guys. Jadi, akun akan dibiarkan kosong tanpa foto apapun, biasanya. Kalaupun tidak, untuk terlihat asli, banyak akun palsu asal memasukkan foto yang jumlahnya pun tidak banyak. Tapi sepintas, seolah memang dimiliki oleh "orang asli". Komentar di fotonya pun tidak ada dan kalau ada, sedikit.. guys. So, keep beware yha!

2. The ratio between following and follower
Gambar terkait
Biasanya pemilik akun spambot ini menjual jasanya untuk menjadi pengikut akun orang lain, guys. Jadi perhatikan jumlah following dan jumlah followernya ya, jika following-nya sangat banyak sekali, sedangkan follower-nya hanya sedikit kemungkinan besar akun ini adalah spambot.

3. The name is weird
Hasil gambar untuk fake account instagram
Ya, namanya juga akun bot.. Nama akun yang dibuatnya pun akan aneh dan mencurigakan, pastinya. Jika kamu menemuka nama akun gabungan huruf dan angka. Bisa jadi ini dikarenakan akun tersebut hanyalah username yang diatur secara acak oleh aplikasi pihak ketiga. So, hati-hati ya.. Terhadap akun semacam itu, guys.

4. Followernya pun "weird" ?
Sudah penggunaan nama akunnya yang weird.. Ditambah followersnya pun weird pula. Jika nama follower nya aneh-aneh dan absurd, bisa dipastikan ini adalah "bot yang mengikuti" bot juga. >_<

5. They don't interact
Jika kamu pernah mencoba untuk "say hi" atau mengajak berkomunikasi dengan salah satu akun follower.. namun kamu tidak pernah mendapat balasan darinya, kamu patut curiga bisa jadi ini akun spambot!

6. Profile photo is ...
Karena biasanya mereka tidak mementingkan tampilan foto profil, jadi tampilan foto akan dibiarkan "tanpa foto" atau bila tidak mereka menggunakan foto yang aneh pada tampilan foto profil mereka.

Nah, thats all I can give.. So, gimana cara menghindari adanya akun-akun palsu semacam itu? Ya.. It's easy, jadikan aja akunmu itu sebagai akun privat. Sehingga kamu dapat memilah siapa saja yang dapat mem-follow akunmu. Dan setuju enggak, kalau orang yang menggunakan followers "asli" itu jauh lebih keren daripada yang tidak? Setidaknya, kita jujur terhadap diri sendiri. Hehe.

Ohyaa.. Boleh juga nih, follow my account. Hehe. Kalau mau follback, dm aja. Thanks before. ^_^


Selasa, 04 Juli 2017

Ini Nih Tips Pilih Powerbank Yang Tepat

Hasil gambar untuk power bank
IT Solution Indonesia - Powerbank, merupakan sebuah benda yang hadirnya kini sudah tak asing lagi di sekitar kita. Keberadaan powerbank ini sangat membantu para pengguna smartphone, hal ini dikarenakan powerbank sangat membantu mengisi daya baterai yang sudah habis. Nah, karena semakin banyak jenis, kapasitas, hingga merek powerbank.. Malah bikin kamu bingung, untuk memilih yang mana. Is that right, guys? Tenang.. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa jadi referensi kamu untuk memilih power bank yang tepat. Lets check it out, guys.

1. The capacity
Hasil gambar untuk power bank capacity
Kalau mencari powerbank pasti yang dilihat adalah kapasitasnya. Sudah tau dong, apa maksud dari kapasitas? Yap, kapasitas di sini menunjukkan seberapa besar daya yang bisa disalurkan powerbank untuk mencharge smartphone. Semakin besar kapasitas, semakin efisien tentunya, jadi bisa digunakan berkali-kali deh guys.

2. Some feature
Hasil gambar untuk power bank
Memerhatikan fitur yang diberikan powerbank merupakan salah satu hal yang dapat dipertimbangkan. Misalnya untuk powerbank yang berkualitas bagus biasanya sudah dilengkapi dengan fitur overcahrging protection, high temperatur dan short circuit.

Fitur overcarging protection -> Dengan fitur ini, kamu tidak perlu khawatir jika lupa melakukan charge dengan powerbank. Hal ini karena bila smartphone sudah penuh, maka secara otomatis powerbank akan mematikan aliran listrik terhadap Hp.

Fitur high temperatur -> Merupakan fitur dimana powerbank bisa mengontrol panas pada hp agar tidak mudah rusak.

Fitur circuit short -> Merupakan fitur untuk pencegahan korsleting pada Jap dan powerbank.

3. Tegangannya berapa?
Gak hanya tegangan pada colokan listrik saja yang perlu diperhatikan, tegangan si power bank pun perlu, guys. Tegangan keluaran atau output pada powerbank berfungsi untuk memindahkan daya dari powerbank ke hp. Dengan output yang bagus, maka proses pengisian daya pada hp juga akan semakin baik, membuat hp serta powerbank menjadi lebih awet.

4. Garansi, perlukah?
Siapa bilang power bank tak perlu garansi? Biasanya power bank yang bagus, garansinya lama! Dengan garansi yang lama ini membuktikan bahwa kualitas dari powerbank yang dibeli memang tidak mengecewakan, serta merupakan powerbank yang bagus dan bisa tahan lama.

5. The price
Hasil gambar untuk power bank price
Harga sebanding dengan kualitas. Agar kamu tidak tertipu dengan harga yang ditawarkan, maka sebaiknya Anda perlu teliti dalam segala hal pada saat pembelian powerbank ya, guys. 

Selasa, 20 Juni 2017

Tech Neck, Penyakit Modern Bila Terpaku Pada Gadget

Hasil gambar untuk tech neck
Internet Service Provider Jakarta - Gadget, smartphone, dan benda teknologi lainnya memang seakan tak bisa lepas dari hidup kita. Ini dikarenakan semakin banyaknya aplikasi yang mudah digunakan, seru dan tentu saja semakin memudahkanmu saat beraktivitas sehari-hari. Nah, karena terlalu serunya bermain smartphone.. Kamu bisa lupa waktu kan guys? Tahu gak sih.. Ternyata ada penyakit yang mengincarmu, apabila kamu terlalu terpaku dengan si gadget! Apakah penyakit itu, bagaimana cirri-cirinya? Lets cekidot, guys.

Tech Neck’s definition
Merupakan istilah penyakit dimana kondisi bahu seseorang serta leher mengalami rasa kaku. Disebabkan oleh terlalu lama menggunakan smartphone atau perangkat gadget lainnya, seperti  laptop, smartphone, dll. Nah, tech neck bila dibiarkan akan menyebabkan sakit kepala dalam jangka panjang lho, guys.

Kamu pernah nggak, merasakan leher yang tiba-tiba menjadi kaku, dan pegal-pegal? jika kamu pernah mengalaminya, mulai sekarang harus berhati-hati ya, bisa jadi kamu sudah terkena sindrom yang sering disebut dengan Tech Neck! Wah, jangan sampai ya guys.
Hasil gambar untuk tech neck

Berikut ini, merupakan ciri-ciri apabila terkena si Tech Neck :

  1. Terlalu sering salah fokus membaca teks yang panjang
  2. Sering mengalami typo alias salah ketik disaat chatting, karena jari tangan sudah tidak terkontrol
  3. Otot leher terasa kaku
  4. Terasa pusing saat menatap layar smartphone 


Nah, setelah mengetahui ciri-ciri bila terkena tech neck, bagaimana ya cara mencegahnya?
Use your earphone
Hasil gambar untuk use earphones
Gunakanlah headset atau earphonemu, saat menerima telepon. Mengapa? Karena bertujuan untuk meminimalisir ketegangan urat leher karena pundak dan pipi terlalu dekat selama telepon.

Close your eyes for a while
Pejamkanlah matamu beberapa saat, saat matamu merasa lelah, dan kepala mulai terasa berat.

Move your body
Stabilkan fokusmu dengan mencari tempat baru, sambil berjalan-jalan merilekskan tubuh.

Do stretching 
Hasil gambar untuk tech neck
Lakukan gerakan leher dan pundak beberapa saat, ketika menggunakan smartphone atau di depan komputer, agar tidak terkena tech neck.
Gambar terkait

Nah, setelah mengetahu informasi seperti di atas .. Apakah kamu masih mau menggunakan gadget tanpa dikontrol, guys?  It’s up to you.
Semoga bermanfaat yha!

Kamis, 15 Juni 2017

Ini Tips Agar Kamu Mudah Mengingat

Hasil gambar untuk remembering
ISP Jakarta - Tentu masih teringat di pikiranmu, saat disuruh menhafal pelajaran sejarah, matematika, dan rumus-rumus lainnya. Menghafal untuk belajar, apakah kamu setuju akan hal itu guys? Nah, meskipun tak selamanya pandai menghafal juga menguasai banyak hal, namun rupanya sangat kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu mudah lupa saat sedang menghafal? Nah, mungkin kamu bisa mencoba tips berikut ini agar menghafalmu dapat lancar, guys. So, let’s check it out!

For the first ..
Kamu lebih baik bila harus mengetahui kemampuan yang kamu miliki terlebih dahulu, guys. Apakah kamu baik dalam mendengar, melihat, atau lebih mudah belajar dari pengalaman? Nah, bila sudah mengetahuinya, lanjutkan dengan eksperimen dari tips di bawah ini ya!

1. The perfect time
Hasil gambar untuk remembering
Ketahui waktu yang tepat, nyaman, dan paling baik menurutmu saat menghafal, guys. Biasanya waktu malam hari sebelum akan tidur dan waktu pagi saat kamu baru saja bangun tidur, adalah waktu yang paling baik untuk menghafal. Oh ya, hafalanmu akan makin lancar kalau kamu fresh, jadi, mandi-lah sebelum kamu mulai menghafal guys.

2. Everything is ready
Persiapkan segalanya dengan baik, yaitu mengenai tempat. Pilihlah daerah yang benar-benar aman dari gangguan sehingga mereka lebih bisa berkonsentrasi. Tempat yang kondusif dapat menjadi faktor menghafalmu jadi nyaman dan gak mudah lupa, guys.

3. Vitamin consumption?
Perlukah kamu mengonsumsi vitamin? Sangat banyak jenis vitamin akhir-akhir ini, namun pastikan jenis itu cocok untukmu guys. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi teh hijau, lho. Karena teh hijau  teh hijau adalah salah satu minuman yang mengandung senyawa tertentu yang akan menjaga sel-sel otak agar bisa bekerja dengan baik dan dalam jangka waktu yang lama.

4. Write then say it
Hasil gambar untuk remembering
Catatlah apa saja yang akan kamu hafal, setelah kamu mulai terbiasa dengan apa yang kamu hafalkan, bacalah secara berulang-ulang. Teknik ini juga banyak diterapkan oleh mereka yang lebih mudah mengingat pada saat mereka melihat gambar.

5. Note it!
Kalau menurutmu kamu sudah hafal, cobalah tuliskan apa yang kamu hafalkan tersebut pada secarik kertas. Atau kamu juga bisa memanfaatkan rekaman, bila kamu agak malas untuk menulisnya. Kemudian, samakan dengan teks hafalan yang asli.

6. Rekaman juga bisa?
Bagi kamu yang memiiki kelebihan pada pendengaran, kamu bsia memanfaatkan teknik ini guys. Kamu bisa merekam semua yang akan kamu hafal kemudian dengarkan rekaman tersebut sesering mungkin.

7. Teach it to other
Ingin menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa? Ajarkanlah apa yang sudah kamu hafal kepada seseorang atau langsung mempraktekkannya kepada dirimu sendiri misalnya dengan berbicara sendiri di depan kaca, misalnya.